Pelepasan dan Pembekalan Calon Alumni, Wisudawan Periode I TA 2021/2022

Pelepasan dan Pembekalan Calon Alumni, Wisudawan Periode I TA 2021/2022

Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan acara Pelepasan Dan Pembekalan Calon Alumni Wisudawan Periode I TA 2021/2022 pada hari Selasa, 02 November 2021. Kegiatan tersebut diadakan secara daring via Zoom Meeting dan luring di ruang rapat dekanat. Acara ini dihadiri oleh pimpinan fakultas, pimpinan prodi, calon wisudawan dan wali wisudawan. Juga diundang dalam acara ini, Fachri Hamzah Pangestu, SS. dari Ruangguru PT. Ruang Raya Indonesia, sebagai narasumber untuk membekali para wisudawan.

Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Widan, MA. selaku dekan, mengucapkan selamat kepada para calon wisudawan, juga kepada para wali calon wisudawan. Beliau juga menyampaikan kebanggaannya kepada para calon wisudawan, karena sudah berhasil menyelesaikan studi di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya dengan hasil yang memuaskan. Dalam sambutannya, beliau berpesan untuk bangga menjadi alumni UIN Sunan Kalijaga. “Tumbuhkanlah rasa bangga, rasa percaya diri, jangan minder, dan selalu berpikir positif terhadap diri sendiri,” tutur beliau.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari wali wisudawan yang disampaikan oleh Fahmi Alwi, calon wisudawan dari prodi BSA. Disambung dengan sambutan dari wakil wali wisudawan yang disampaikan oleh Bapak Ir. Edy Wandiatmoko. Beliau menyampaikan terimakasih kepada pihak fakultas atas jerih payahnya dalam mendidik para calon wisudawan. Semoga para calon wisudawan dapat meraih masa depan yang lebih baik dengan berbekal ilmu yang sudah didapatkan.

Acara dilanjutkan dengan pembekalan calon wisudawan yang dipandu oleh Ulyati Retno Sari,SS., M.Hum. selaku moderator. Pada kesempatan ini, Fachri Hamzah Pangestu, SS. sebagai narasumber menyampaikan materi tentang cara membangun pribadi efektif dalam menata karir di masa depan. Dalam pemaparannya, Fachri menyebutkan langkah-langkah dalam mengembangkan diri, yaitu kenali dirimu sendiri, membuat rencana hidup, selalu haus untuk belajar dan menimba ilmu, dan selalu menjaga kesehatan fisik maupun mental. “Ambil setiap kesempatan yang ada, kemudian lakukan yang terbaik. Dan juga fokuslah hanya pada apa yang bisa kita kendalikan,” tegasnya.

Pada periode ini, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya meluluskan 75 wisudawan, yakni 24 wisudawan dari prodi BSA, 14 wisudawan dari prodi SKI, 16 wisudawan dari prodi IP, 9 wisudawan dari prodi SI, 8 wisudawan dari prodi S2 BSA, dan 4 wisudawan dari prodi S2 SPI. Sebagaimana laporan dari Dr. Ubaidillah, SS., M.Hum., selaku wakil dekan bidang akademik. Dari 75 mahasiswa ini, 69% nya mendapatkan IPK diatas 3.51. Sedangkan untuk lama studi, sebanyak 36% wisudawan pada periode ini menyelesaikan studinya dalam kurun waktu kurang dari 4 tahun. Untuk informasi lebih lengkap silakan mengakses video melalui kanal Youtube Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.