Pelatihan Pelayanan Prima TENDIK Fakultas Adab dan Ilmu Budaya 2021

Tenaga Pendidik FADIB Ikuti Pelatihan Pelayanan Prima

YOGYAKARTA- Pelayanan merupakan ujung tombak bagi perusahaan yg bergerak di bidang jasa (apapun) termasuk jasa pendidikan. Kesadaran utk memberikan pelayanan terbaik (prima) pada pelanggan dan seluruh stakeholderlainnya semakin meningkat, sehingga dibutuhkan pelatihan profesional utk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan karyawan dalam pelayanan prima. Menyadari akan hal itu, maka Fakultas Adab dan Ilmu Budaya (FADIB) UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Prima bagi tenaga pendidik (tendik), Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (06-07/10/2021) di Hotel Ros In Yogyakarta.

Hadir dalam acara pembukaan antara lain, Dekan Fadib Dr. Muhammad Wildan, M.A, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Dr. Uki Sukiman, M. Ag, Kepala Bagian Tata Usaha Abdul Haris Mahmudi, Kasub Akademik, Kasub Umum, Kasub Keuangan dan para tenaga pendidik Fadib. Disamping itu hadir juga Bono Setyo, Direktur COMTC (Center for Communication Studies and Training) yang menjadi mitra dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam sambutan pembukaan, Dekan Fadib, Dr. Muhammad Wildan, M.A., mengemukakan pentingnya kegiatan pelatihan ini, untuk peningkatan kualitas layanan sekaligus sebagai sarana refreshing bagi tendik “Urusan utama kita adalah mahasiswa. Ini merupakan unsur yang terpenting dalam universitas. Oleh karena itu, layanan pada mahasiswa menjadi penting,” jelasnya. Dekan juga menjelaskan bahwa urusan administrasi, sistem yang bagus, kurikulum yang bagus tidak akan punya makna kalau tidak ada mahasiswanya. “Layanan prima menjadi penting bagi kita semua untuk meningkatkan kinerja kita. Pelayanan prima bukan berarti menambah kerja tapi lebih tepat dalam menyelesaikan masalah. Working smart harus didukung oleh fasilitas yang cukup. Mungkin jaringan yang bagus, dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Sementara itu, Dr. Uki Sukiman, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang ADUM, Perencanaan dan Keuangan berterimakasih atas semangat para tenaga pendidik dalam mengikuti acara ini. Beliau juga menjelaskan bahwa latihan pelayanan prima menjadi penting. Para tendik diharapkan mampu memiliki sikap yang harus dimiliki diantaranya sikap yang ramah, penuh perhatian, dan memiliki rasa bangga terhadap institusi, supaya pelayanan bisa dilakukan secara maksimal.

Hadir pula dalam acara ini di hari pertama (06/10) Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM. Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan Dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga. Beliau juga berharap acara ini bisa menjadi motovasi dan awal perbaikan organisasi yang lebih baik. Universitas dalam hal ini siap berintegrasi dan membantu para tendik dalam melakukan pelayanan yang maksimal. “Kegiatan ini sangat postif terutama untuk perbaikan bidang pelayanan, apalagi sperti kita ketahui kita bekerja di Lembaga yang bergerak di bidang jasa, maka pelayanan akan menjadi ujung tombaknya,” tegas Mamat

Secara umum tujuan pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, sehingga dapat memenuhi dan memuaskan para pelanggan dan pada akhirnya perusahaan atau Lembaga mendapatkan keuntungan yang maksimal.Materi pelayanan prima ini disampaikan oleh Tim dari ComTC(Center of Communication Studies and Training) di acara tersebut yang meliputi: Motivasi Kerja, komunikasi efektif, Citra professional, Pelayanan Prima, Complaint handling dan Customer Satisfaction.. Selain materi selama dua hari di hotel, pelatihan juga dilanjutkan dengan materi team work sekaligus pendampingan dan evaluasi yang akan dilaksanakan di fakultas.