Kamis, 29 September 2016 10:47:08 WIB Dilihat : 729 kali

Selasa, 27 September 2016,bertempat di Convention Hall, UIN Sunan Kalijaga, khususnya Prodi Sastra Inggris, kedatangan tamu istimewa Prof. Robert B. Leflar, Ph.D., dosen dari University of Arkansas,Amerika Serikat. Dikatakan istimewa karena ini merupakan kunjungan pertama kalinya di Indonesia.

Rob (panggilan beliau), menyebutkan “kunjungannya ini merupakan wujud kecintaan beliau dengan sistem Pendidikan, Hukum dan Politik yang ada serta wujud apresiasi beliau terhadap ikhtiar pengembangan UIN Sunan Kalijaga menjadi world class University”. UIN Sunan Kalijaga patut bersyukur dengan kehadiran beliau ini karena menjadi kampus pertama yang dituju oleh Rob.

Adapun dalam rangkaian kunjungannya di Asia ini, selepas dari Indonesia beliau nantiakan memberikan kuliah di beberapa negara, seperti Cina, Thailand, dan Jepang.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Prof. Dr. Alwan Khoiri, M.A., berharap agar kunjungan Prof. Robert B. Leflar ke Indonesia, khususnya ke UIN Sunan Kalijaga, ini bukan untuk yang pertama dan terakhir kali.Akan tetapi, nantidiharapkan kunjungandapat berlanjut pada kesempatan-kesempatan berikutnya. "Saya berharap agar terjalin MoU antara University of Arkansas USA dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menuju World Class University,terkhusus Prodi Sastra Inggris."

Rob, dalam paparan presentasinya di hadapan ratusan mahasiswa Sastra Inggris, menjelaskan bahwa dalam sistem Pendidikan Tinggi di Amerika, seorang mahasiswa yang ingin menjadi pengacara, dokter, atau profesi lainnya, mereka tidak harus memilih jurusan yang berhubungan dengan profesiyang mereka inginkan tersebut. Akan tetapi, mereka dapat memilih jurusan yang bersifat umum. “Hal ini bertujuan agar mahasiswa tersebut mendapat pandangan yang luas mengenai pengetahuan umum, tidak hanya sekedar mengenai jurusan tertentu”.

Terkait bidang politik dan hukum di Amerika, yang mana saat ini tengah menjadi trending topic di media dengan akan digelarnya Pemilihan Presiden Amerika, Rob menyinggung tentang dua kandidat yang akan menjadi calon presiden di Amerika, yaitu Hillary Clinton dan Donald Trumps. "Beberapa hal mengenai kebijakan luar negeri yang akan di terapkan oleh masing-masing kandidat memang sangat berbeda dan beberapa di antaranya menuai pro dan kontra dari berbagai pihak," tegas Rob.

Kaprodi Sastra Inggris, Dr. Ubaidillah, M.Hum., dalam sambutannya menuturkan bahwadengan adanya kuliah umum mengenai Amerika oleh Prof. Robert B. Leflar akan memberikan saluran baru dalam dunia pendidikan, hukum, maupun politik kepada para mahasiswa terutama bagimahasiswa baru ProdiSastra Inggris UIN Sunan Kalijaga.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom