Bi-Weekly Forum #4

Bincang-bincang tentang Pandangan Kebahagiaan dalam Perspektif Islam
di Bi-Weekly Forum #4

Jum’at, 19 Maret 2021 Bi-Weekly Forum Fakultas Adab dan Ilmu Budaya menggelar virtual seminar. Bi-weekly Forum #4 ini untuk kedua kalinya mengundang narasumber dari luar negeri, tepatnya Brunei. Virtual seminar kali ini mengusung tema “The Conception of Happiness in Islamic Philosophical Thought and Its Importance in Human Life”. Narasumber berasal dari Sultan Sharif Ali Islamic University Brunei, yaitu Suleiman Mohammed Hussein Boayo, Ph.D. serta didampingi oleh Dr. Sujadi, M.A. selaku moderator pada acara tersebut.
Acara ini diawali dengan penjelasan narasumber mengenai makna kebahagiaan dalam pandangan Islam. Kebahagiaan diwujudkan oleh setiap orang dengan jalannya masing-masing. Kemampuan setiap orang untuk mewujudkan kebahagiaan juga tidak sama. Beberapa konsep kebahagiaan dalam perspektif Al-Faraby, Al-Kindi, Ibnu Sina juga dipaparkan beliau dengan jelas. “Apapun keadaan yang terjadi harus tetap bahagia”, ucapnya.
Menurut moderator dan sekaligus sebagai kata penutup dari acara ini, untuk mencapai kebahagiaan itu manusia diharapkan untuk selalu dapat membersihkan jiwa, memberdayakan pengetahuan yang dimiliki, dan yang terakhir dapat menyeimbangkan kepentingan diri-sendiri dan orang lain.